Bagusan Mana Papan Sirip Rumah Burung Walet dari Aluminium, Beton atau Kayu ?

Menyempurnakan bangunan rumah walet yang sudah diperhitungkan dengan seksama tentu sebuah keharusan, misalnya dalam hal memilih material untuk papan sirip walet yang bagus dari aluminium, beton atau kayu. Memang perkara yang satu ini menjadi pilihan tersendiri dan setiap orang memiliki pilihannya masing-masing, sehingga kita tidak dapat menyamakan diri dengan petani lainnya khususnya kalau itu sudah menyangkut biaya dan modal dalam membangun rumah burung walet yang sesuai dengan perencanaan.

Ada beberapa teman yang merekomendasikan sirip walet aluminium sebagai pilihan paling menarik, sehingga mampu menghasilkan output yang sesuai dengan harapan, bahkan mungkin melebihi perencanaan. Papan sirip sarang walet yang terbuat dari aluminium memang memiliki banyak kelebihan kalau dibandingkan dengan bahan dari kayu, hal ini juga memberikan keuntungan tersendiri tentunya kalau kita melihat jauh ke depan pada kelangsungan rumah burung walet yang kita bangun saat ini.

Beberapa kelebihan sirip aluminium diantaranya adalah:
  • Awet dan berumur panjang dalam pemakaiannya
  • Mudah dipasang karena sudah memiliki alur dan ukuran yang baku
  • Anti jamur dan hama, tidak seperti bahan sirip dari kayu
  • Bahan dingin sehingga disukai walet
  • Pemantulan suara yang baik


Dari beberapa kemudahan dan kelebihan sirip walet dari aluminium diatas memang dapat kita lihat dan rasakan apalagi kalau sudah mencobanya sendiri. Sedangkan harga papan sirip rumah walet aluminium memang cukup mahal, ini wajar karena bahan yang digunakan juga memiliki kualitas sangat bagus sehingga memberikan keuntungan cukup besar bagi petani walet.

Namun dari semua kelebihan tersebut kita juga patut memikirkan harga papan sirip aluminium yang cukup mahal, sehingga memperhitungkan penggunaan modal menjadi sangat penting apalagi kalau modal yang kita terapkan untuk membangun rumah burung walet terbatas. Harus mencari alternatif yang lebih efisien, berguna dan tidak membuat biaya pembangunan rumah burung walet membengkak.

Sebagai contoh, alternatif lain adalah papan sirip dari beton. Sekarang ini juga banyak yang menggunakan opsi ini, membangun rumah burung walet permanen sekaligus membangun papan sirip yang terbuat dari beton, sehingga tidak perlu pusing memikirkan penggantian papan sirip seperti halnya kalau kita memakai kayu sebagai medianya.

Kelebihan papan sirip beton adalah kekokohan dari bangunan rumah burung walet tersebut dan tidak mudah rusak sehingga akan memudahkan kita dalam membangun rumah burung walet yang sesuai dengan selera. Kita juga tidak perlu pusing soal penggantian dan perawatan karena papan sirip dari beton adalah bangunan permanen, dan juga menimbulkan suhu yang dingin serta stabil sehingga tidak mengganggu populasi walet yang ada didalamnya.

Alternatif lainnya yang juga banyak digunakan adalah papan sirip dari kayu, ini memberikan opsi sangat luas karena kemudahan dan biaya yang murah dalam membangun rumah burung walet dengan papan sirip kayu. Sehingga kita mampu menekan anggaran dan pembiayaan.

Kemudahan dalam memperoleh bahan baku dari kayu juga menjadi pilihan tersendiri sehingga setiap orang akan memiliki opsi tersendiri dalam membangun rumah walet yang di inginkan.

Kayu yang baik untuk papan sirip rumah walet adalah kayu kering, tidak bergetah dan tidak berbau.

Kayu yang belum kering akan menimbulkan kelembaban, jamur dan suhu yang kurang stabil. Untuk itu, perlu dipilih kayu yang benar-benar kering sehingga tidak mengganggu rumah burung walet kita, dan apa yang dilakukan selanjutnya juga memudahkan kita dalam mencari jenis kayu yang sesuai. Perlu juga memastikan kayu yang digunakan tidak menimbulkan bau menyengat dan tidak bergetah, sehingga rumah burung walet tetap kering, nyaman bagi burung walet untuk menginap dan membangun sarang.

Akan lebih baik pula kalau kayu tersebut kasar sehingga memudahkan walet untuk mengoles sarang, dan pada akhirnya akan memberikan hasil panen yang maksimal.

Demikian pembahasan mengenai papan sirip walet alumunium, papan dari beton maupun sirip walet dari kayu yang masing-masing memiliki kelebihan atau kekurangan sehingga kita patut mempertimbangkan beberapa opsi sebelum memutuskan hal terbaik yang akan dibangun.