Cara Agar Burung Walet Cepat Bersarang Menggunakan Besek


Cara Agar Burung Walet Cepat Bersarang Menggunakan Besek. Salah satu alternatif cara yang biasa dilakukan oleh para pelaku budidaya sarang burung walet agar burung walet cepat bersarang adalah dengan menggunakan besek pada papan sirip rumah walet. Nah, apa sih itu besek ? Mungkin bagi orang yang bermukim di daerah pulau jawa sudah tidak asing lagi dengan yang namanya besek, tentu berbeda pula dengan orang yang ada di Kalimantan ataupun sulawesi. Sebab setiap daerah memiliki nama penyebutan yang berbeda walaupun benda yang ditujukan adalah sama.

Besek sendiri merupakan kerajinan tangan yang terbuat daru anyaman bambu yang pada awalnya penggunaanya hanya untuk menyimpan barang ringan seperti tahu, sayuran, makanan kecil dan lain sebagainya. Sebab penggunaanya praktis bahkan bebas dari bahan kimia tidak seperti styrofoam maka besek merupakan tempat makanan yang aman. Besek umunya terbuat dari bambu namun dapat pula kita temukan besek yang terbuat dari daun pandan.

Di era moderen ini, besek tidak hanya digunakan untuk membawa ataupun menyimpan makanan saja sebab besek telah banyak digunakan pada rumah rumah walet. Bahkan kabarnya penggunaan besek ini pada papan sirip rumah walet dapat meningkatkan produksi dibanding sebelum menggunakan besek.

Dengan adanya penggunaan besek yang ditempelkan pada papan sirip maka akan mempermudah burung walet untuk hinggap dan bergantung. Dengan demikian maka burung akan lebih cepat dalam membuat sarang. Untuk contoh penggunaan dan penerapan besek pada papan sirip rumah walet bisa anda lihat pada beberapa gambar yang ada dibawah ini.




Untuk mendapatkan besek anda bisa memesanya secara online maupun membelinya dari para pengrajin. Namun untuk daerah seperti sulawesi yang jarang terdapat pengrajin besek maka anda bisa membelinya di toko online. Harganya pun cukup terjangkau. Nah, itulah secuil informasi tentang Cara Agar Burung Walet Cepat Bersarang Menggunakan Besek, semoga bermanfaat.