Siklus Hidup Burung Walet Yang Perlu Anda Ketahui

Siklus Hidup Burung Walet Yang Perlu Anda Ketahui
Burung walet yang fenomenal dengan harga sarangnya tentu memiliki siklus hidup. Sebagai petani sarang burung walet atau orang yang berkecimpung dengan usaha yang behubungan dengan burung walet maka cukup penting untuk mengetahui tentang Siklus Hidup Burung Walet.

Perlu anda ketahui bahwasanya burung walet merupakan jenis burung yang memiliki fase berkembang biak sepanjang tahun. Jadi dengan kata lain musim kawin walet terjadi sepanjang tahun, tentu hal ini berbeda dengan beberapa jenis burung lainnya yang memiliki waktu kawin yang musiman. Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat ke atas gedung walet/rumah burung walet saat siang maupun sore hari, dan akan nampak burung walet yang akan saling kejar-kerjaran, bermain untuk menarik perhatian lawan jenisnya agar mau kawin dan berkembang biak.

Selain itu masih ada banyak fakta-fakta tentang burung walet yang perlu diketahui jika kita ingin memahami burung walet lebih dan lebih dalam lagi. Ketika anda mengetahui lebih banyak tentang burung walet maka bukan tidak mungkin anda akan lebih paham mengenali perilaku serta sifat-sifat pada burung walet, dan hal ini lebih menguntungkan sebab bisa jadi lebih memudahkan dalam hal membudidayakan burung walet dan semua hal berkaitan dengannya. Untuk itu dibawah ini merupakan Siklus Hidup Burung Walet yang perlu anda ketahui.

Burung walet dari membuat sarang sampai sarang tersebut siap digunakan untuk bertelur :
  • Pada musim hujan biasanya diperlukan sekitar kurang lebih 40 hari.
  • Pada musim kemarau biasanya diperlukan sekitar kurang lebih 80 hari.
Proses burung walet bertelur kurang lebih sekitar 10 hari untuk 2 butir telur tiap pasang.

Untuk mengerami telurnya burung walet memerlukan waktu sekitar 20-28 hari.

Setelah telur burung walet menetas sampai piyik bisa terbang :
  • Pada musim penghujan diperlukan kurang lebih sekitar 40 hari.
  • Pada musim kemarau diperlukan kurang lebih sekitar 50 hari.
Setelah anakan burung telah berumur sekitar 6 bulan barulah dia mulai memasuki masa kawin dan siap untuk bertelur.

Demikian info tentang siklus hidup burung walet yang dapat kami uraikan dalam kesempatan ini, semoga bisa menjadi referensi dalam membudidayakan burung walet.