Penyebab Gagalnya Rumah Walet Sepi Walet Tidak Mau Masuk

Penyebab Gagalnya Rumah Walet Sepi Walet Tidak Mau Masuk
Indonesia telah dikenal sejak lama telah menjadi salah satu negara pengekspor sarang burung walet ke Negeri China. Dengan Nilai harga yang lumayan tinggi usaha budidaya sarang walet kini menjadi primadona di Negeri Tercinta. Berbagai kalangan masyarakat baik daerah maupun di kota berlomba lomba membangun Rumah burung walet untuk dijadikan usaha sampingan maupun usaha full yang menopang keluarga yang kedepannya diharapkan mampu memberikan hasil yang maksimal atau paling tidak bisa balik modal. Namun tidak semua orang berhasil dalam usaha budidaya ini, banyak hal yang menjadi faktor yang penting dalam membangun rumah walet, sehingga masalah walet hanya keluar masuk gedung dan tidak mau menginap dapat diatasi. Membangun rbw memang perlu perhitungan matang, bukan asal melihat punya tetangga kemudian bangun juga, namun semua butuh proses, butuh landasan ilmu dari orang yang berpengalaman dalam dunia walet serta butuh ikhtiar dan kesabaran. Mengetahui Penyebab Gagalnya Rumah Walet sebelum membangun sebuah rumah walet tentu akan sangat membantu anda dalam menutupi kekurangan kekurangan yang ada pada rumah walet gagal sehingga anda bisa membangun jenis rumah walet yang bisa berhasil sehingga memahami bagaimana cara cepat menginapkan walet di rumah yang baru dibangun sehingga burung walet akan berdatangan sendiri ke rumah tersebut.

Beberapa Penyebab Gagalnya Rumah Walet / Gedung walet

Penyebab Gagalnya Rumah Walet atau sepi bisa diminimalisir apabila anda telah mengetahui sebagian kecil penyebabnya. Berikut ini merupakan hal hal yang bisa menyebabkan rumah walet gagal dan tidak menghasilkan sarang satupun.

Perlunya mengetahui Suhu dan Kelembapan Gedung walet
Suhu dalam gedung menjadi hal yang sangat penting untuk mengatasi penyebab burung walet hanya keluar masuk dan bermain diluar. Coba anda tanya beberapa pakar walet tentu mereka akan menjadikan suhu sebagai salah satu elemen yang wajib di perhatikan dalam sebuah rumah walet agar tidak gagal nantinya. Suhu serta kelembaban yang ideal tentu disukai walet, bayangkan saja kalau rumah burung walet suhunya terlalu tinggi tentu tidak ada burung yang mau bersarang, manusia aja mengeluh kalau panas apalagi burung. Salah satu cara untuk mengetahui sebuah gedung walet yang memiliki suhu nyaman yaitu anda bisa mencoba untuk masuk kedalam gedung antara pukul 11 atau sekitar tengah hari, lantas apabila ketika berada didalam gedung saat itu kemudian anda merasa ingin tertidur karena merasa nyaman dan tenang, maka itulah suhu rumah walet yang disukai walet. Selain itu kelembaban juga sangat penting dalam hal ini.

Audio Player Walet
Penggunaan audio player yang memiliki kualitas yang baik sangat diperlukan agar nantinya suara walet yang dihasilkan terdengar jelas dan tidak mengganggu burung apalagi membuatnya takut. Ketepatan dalam mengatur volume audio juga menjadi penentu berhasil tidaknya menarik burung.

Penggunaan serta penempatan Twitter Dalam gedung walet
Salah satu faktor yang menjadikan rumah walet gagal yaitu penempatan twitter yang salah, selain itu penggunaannya pun salah, kadang terdapat twitter yang bermasalah, suara tidak sama atau suara rusak dan lemah yang ditimbulkan. Penyambungan kabel twitter juga sering menjadi masalah besar. Hal ini bisa terjadi ketika si pemilik gedung tidak memperhatikan dan tidak merawat twitter gedung rumah walet.

Twitter memiliki Peran penting dalam keberhasilan suatu gedung walet, Penataan yang baik serta tingkat suara yang di hasilkan juga tidak memekik, menjadi salah satu standar twitter yang baik. Namun masih banyak hal yang perlu kita lakukan jika ingin hasil yang baik. Yang pasti orang yang berpengalaman di bidangnya sangat paham akan hal ini.

Sirip kotor / berjamur dalam Gedung walet menjadi Penyebab Gagalnya Rumah Walet
Keberadaan sirip yang kotor dalam gedung biasanya terjadi ketika gedung dibangun kita kurang memperhatikan sirip. Biasanya ini terjadi karena tukang pembuat gedung dengan tidak sengaja mengotori sirip, selain itu pertumbuhan jamur pada sirip akibat memasang sirip dalam keadaan masih basah bisa menjadi penyebab gagalnya burung mau bersarang.

Penataan Sirip sudut tidak rapi
Salah satu Penyebab Gagalnya Rumah Walet yaitu penataan sirip sudut kurang tepat. Disarankan ketika membuat sirip sudut agar tidak membentuk sudut 90 derajat, hal yang sama juga berlaku untuk jarak antar plafon dengan sirip. Hal ini sering diabaikan sehingga banyak petani walet memiliki sarang udut, dikarenakan walet suka membuat sarang di sudut sirip.

Pemilihan Jenis kayu papan sirip yang tidak disukai walet
Tidak semua jenis kayu bisa digunakan sebagai sirip dalam rumah walet. Sebab jika salah dalam memilih papan sirip maka akibatnya bisa fatal, biasanya umumnya petani dalam negeri menggunakan kayu yang telah terbukti disukai walet untuk membuat sarang seperti kayu meranti, sengon dan ulin. Sementara untuk daerah anda ada baiknya anda menanyakan pada petani yang telah besar tentang papan sirip dari kayu apa yang dia gunakan.

Ruang inap terlalu banyak hama
Tentu dengan kondisi ruangan walet yang memiliki banyak hama seperti kecoa, semut, kutu, kelelawar bahkan yang paling parah dimasuki oleh tikus tidak akan disukai burung walet. Dalam hal ini sudah banyak produk yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah ham dalam gedung.
Penyebab Gagalnya Rumah Walet karena Desain dan Tata Ruang tidak sesuai

Selain beberapa faktor Penyebab Gagalnya Rumah Walet diatas, salah satu hal yang bisa pula menyebabkan rumah walet gagal adalah desain serta tata ruang yang kurang tepat. Dengan memperhatikan setelah kurang lebih 3 sampai 4 bulan setelah gedung dinyalakan, dan ada burung yang membuat sarang maka ini berarti desain serta tata ruang gedung sudah baik.